Langsung ke konten utama

Pertemuan Keduapuluh : Kelas Pemasaran 3 SKS

Resume ke : 20

Gelombang : 29

Tanggal : 9 Agustus 2023


Tema : Pemasaran Buku

Narasumber : Agus Subardana, SE, ME

Moderator : Helwiyah, S.Pd, MM


Narasumber pada kelas kali menjelaskan mengenai "Pemasaran Buku". Ia merupakan seorang pakar marketing dari Penerbit Andy Yogyakarta. Jabatannya Dirketur Marketing dan Komunikasi. Dua tema kelas belajar menulis belakangan ini sama-sama tertang marketing. MasyaAllah sebagai alumni jurusan bisnis, aku berasa kayak flashback masa-masa di kampus. Bagiku marketing itu penuh dengan strategi, kreatifitas, dan trik-trik rahasia dari marketeer-nya.




Strategi pemasaran buku yang efektif dan efisien dapat kita temukan dengan cara-cara menarik. Berikut beberapa terobosan yang bisa kita pikih sebagai pemilik produk alias penulis :

1. Memasarkan Buku Melalui Online

Memasarkan buku melalui online bisa menjadi cara yang efektif untuk mencapai audiens yang lebih luas dan potensial. Dalam pengunaan media online, kita bisa melakukan ini : Membuat platform online , Mengoptimalkan website, Menjual melalui media online, Menggunakan blog untuk membuat ikhtisar buku, Email marketing dengan mengumpulkan email peminat tulisan kita untuk dikirimkan update tentang tulisan dan buku kita,  Kolaborasi dan review mengajak para influencer, Penawaran khusus, Pengiklanan online, Ulasan dan rekomendasi, Mempertimbangkan membuatnya dalam bentuk ebook atau audiobook, Lacak dan evaluasi pemasaran yang telah kita lakukan


2. Pemasaran Buku Melalui Komunitas

Pemasaran buku melalui komunitas adalah strategi yang efektif dalam mempromosikan dan menjual buku kepada khalayak yang lebih terkait dan berminat. 


3. Strategi Pemasaran Buku Melalui Offline

Pemasaran buku melalui saluran offline bisa ke toko buku, direct selling, dan melalui event buku. Keduanya tetal menjadi strategi yang efektif, terutama untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mendukung penjualan fisik. Alhamdulillah di Indonesia ada toku buku modern yang masih bertahan, yaitu Gramedia. Karena banyak toko buku lainnya tidak berkembang , dan cenderung pada tutup. Selain itu, untuk direct selling dapat kita lakukan melalui penawaran ke lembaga terkait entah lembaga pendidikan atau perpustakaan pemerintah atau juga ke perusahaan. Sedangkan untuk event buku biasanya menunggu adanya bazar buku.


Kelas kali ini ditutup Narasumber dengan closing statements. "Penjualann buku yang sukses melibatkan pemahaman yang mendalam tentang target audiens buku, pemanfaatan berbagai saluran pemasaran, konten berkualitas, dan pemantauan terus-menerus terhadap kinerja. Dengan pendekatan yang terencana dan kreatif, Anda dapat meningkatkan potensi buku  untuk sukses di pasaran." sungguh sangat anak Marketing ya Bapak. keren pak!! terima kasih ilmunya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unspoken (Terminal Arjosari)

Malang, 4 Maret 2017 sekitar Pukul 05.00 WIB. Kosan Teman Dapat telepon untuk bangun sekitar jam 04.00 WIB dari Ria read:nama samaran .  Ini dikarenakan malamnya aku menjanjikan untuk mengantar dia ke Terminal Arjosari dikarenakan dia ada acara di Surabaya. Padahal tidur baru sekitar dua jam, dan itu jujur susah sekali membuat tubuh dan otak berkompromi. Akhirnya aku tidur lagi. Tidak berapa lama dapat telepon kembali. Dan akhirnya aku bener-bener meniatkan bangun. Langsung ambil jilbab dan cari kunci motor. Pada saat itu pula aku menuju rumah Ria.  Jalan Kumandang adzan pun mulai terdengar bersaut-sautan. Sempat terpikir di pikiran, semisal mau sholat di rumah Ria. Tetapi ketika sampai di depan rumah, dikarenakan ternyata Ria buru-buru. Akhirnya ya sudah aku memutuskan untuk sholatnya sehabis mengantar dia. Ketika menuju Terminal, Ria berkata, "Aku aja yang bawa motor, km kelihatan ngantuk Nu". Tanpa berpikir dua kali, aku menyerahkan kunci ke dia. Di jalan, kita t...

Apa Kata Allah Maha Perencana Terbaik

Beberapa waktu ini lagi sering berada di situasi yang buat aku berpikir, wah memang Allah Maha Perencana terbaik. Banyak hal yang tidak disangka-sangka terjadi. Sebenarnya kalau menoleh ke belakang, semestinya aku lebih menyadari bahwa apa yang telah aku lalui itu merupakan pertanda dari Allah bahwa ini nih jalan takdir yang sudah aku buatkan untukmu dan untuk mereka bahkan sudah Ia tuliskan sebelum bumi tercipta. MasyaAllah banget ga sih. Sesederhana aku lagi kepikiran pengen sesuatu, tidak lama aku mendapatkan hal itu. Rizqi yang menjadi takdirku. Sebagai contoh hal besar yang bener2 membuat aku merasa “wah ini sih memang Allah’s plan”, aku yang memimpikan UGM pada akhirnya melanjutkan sekolah di UB. Aku yang ingin kerja di korporat padahal sudah sengaja ngambil sekolah bisnis, ternyata Allah kasih kesempatan mengabdi untuk negeri. Wah ini sih, kalau Allah kasih aku takdir yang lain.. belum tentu aku mampu dan belum tentu aku dapat pahala. Sedangkan tujuan yang aku cari dalam hidup i...

Thoughts Of Mind

thoughts of mind. aku kasih judul ini, karena pemikiran-pemikiran ini sudah sejak lama ada di pikiranku tp ya itu. pernah ga sih kalian ngerasa ga mampu menuangkan apa yang ada dalam hati dan pikiran kalian? jujur tahun ini banyak merasa hal yang kayak gini. yapp aku ga mampu menuangkannya. sampai akhirnya alhamdulillah aku di titik ini, memberanikan diri menulisnya. seperti biasa tulisan ini menjadi bahan self reflection dan reminder buat aku di masa yang akan datang. jujur. semakin hari dengan usia bertambah (dunya perspective) dan atau usia berkurang (akhirah perspective), my self reflection for every single day is to make sure bismillah semoga bisa jadi pribadi yang bermanfaat dan berkah kehidupannya. meskipun disisi lain masih sering bertanya, dengan terus meyakinkan ini lah alasan "what i'm too working hard for".  walaupun ternyata semakin kesini semakin menyadari bahwa it wasnt easy, banyak orang baru dan tantangan baru. tapi apa, Allah selalu kasih jalan, Allah cu...