Resume ke : 20
Gelombang : 29
Tanggal : 9 Agustus 2023
Tema : Pemasaran Buku
Narasumber : Agus Subardana, SE, ME
Moderator : Helwiyah, S.Pd, MM
Narasumber pada kelas kali menjelaskan mengenai "Pemasaran Buku". Ia merupakan seorang pakar marketing dari Penerbit Andy Yogyakarta. Jabatannya Dirketur Marketing dan Komunikasi. Dua tema kelas belajar menulis belakangan ini sama-sama tertang marketing. MasyaAllah sebagai alumni jurusan bisnis, aku berasa kayak flashback masa-masa di kampus. Bagiku marketing itu penuh dengan strategi, kreatifitas, dan trik-trik rahasia dari marketeer-nya.
Strategi pemasaran buku yang efektif dan efisien dapat kita temukan dengan cara-cara menarik. Berikut beberapa terobosan yang bisa kita pikih sebagai pemilik produk alias penulis :
1. Memasarkan Buku Melalui Online
Memasarkan buku melalui online bisa menjadi cara yang efektif untuk mencapai audiens yang lebih luas dan potensial. Dalam pengunaan media online, kita bisa melakukan ini : Membuat platform online , Mengoptimalkan website, Menjual melalui media online, Menggunakan blog untuk membuat ikhtisar buku, Email marketing dengan mengumpulkan email peminat tulisan kita untuk dikirimkan update tentang tulisan dan buku kita, Kolaborasi dan review mengajak para influencer, Penawaran khusus, Pengiklanan online, Ulasan dan rekomendasi, Mempertimbangkan membuatnya dalam bentuk ebook atau audiobook, Lacak dan evaluasi pemasaran yang telah kita lakukan
2. Pemasaran Buku Melalui Komunitas
Pemasaran buku melalui komunitas adalah strategi yang efektif dalam mempromosikan dan menjual buku kepada khalayak yang lebih terkait dan berminat.
3. Strategi Pemasaran Buku Melalui Offline
Pemasaran buku melalui saluran offline bisa ke toko buku, direct selling, dan melalui event buku. Keduanya tetal menjadi strategi yang efektif, terutama untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan mendukung penjualan fisik. Alhamdulillah di Indonesia ada toku buku modern yang masih bertahan, yaitu Gramedia. Karena banyak toko buku lainnya tidak berkembang , dan cenderung pada tutup. Selain itu, untuk direct selling dapat kita lakukan melalui penawaran ke lembaga terkait entah lembaga pendidikan atau perpustakaan pemerintah atau juga ke perusahaan. Sedangkan untuk event buku biasanya menunggu adanya bazar buku.
Kelas kali ini ditutup Narasumber dengan closing statements. "Penjualann buku yang sukses melibatkan pemahaman yang mendalam tentang target audiens buku, pemanfaatan berbagai saluran pemasaran, konten berkualitas, dan pemantauan terus-menerus terhadap kinerja. Dengan pendekatan yang terencana dan kreatif, Anda dapat meningkatkan potensi buku untuk sukses di pasaran." sungguh sangat anak Marketing ya Bapak. keren pak!! terima kasih ilmunya..
Komentar
Posting Komentar