Resume ke : 19
Gelombang : 29
Tanggal : 7 Agustus 2023
Tema : Teknik Promosi Buku
Narasumber : Akbar Zainuddin, MM., MNE
Moderator : Muliadi
Pada kelas kali ini, moderator memperkenalkan narasumber dengan sebutannya yaitu : pakar promosi buku, Hal ini dikarenakan selain sebagai penulis hebat, beliau juga seorang penjual yang hebat. Narasumber menyampaikan bahwa branding yang ia tunjukkan atas dirinya ialah MOTIVATOR. Ia berpegang bahwa menulis itu visi yang diturunkan oleh Allah kepadanya, atas dasar itu ia manfaatkan kemampuan menulisnya semaksimal mungkin untuk kebaikan. MasyaAllah barakallahu fiika.
yap.. STRATEGI PROMOSI BUKU
APA ITU PROMOSI BUKU ?
Promosi adalah cara kita memberikan informasi tentang produk kepada konsumen agar mereka tertarik dan mau membeli produk kita. Promosi buku adalah cara kita mengenalkan buku yang kita miliki kepada audiens kita agar mereka tertarik dan mau membeli.
MENGAPA PROMOSI BUKU ITU PENTING ?
Promosi buku itu penting karena sebagus apapun buku kita kalau konsumen atau audiens tidak mengetahui produk kita, maka mereka tidak akan tertarik, apalagi mau membeli buku kita.
Beberapa tujuan dari promosi buku adalah:
1. Membuat audiens mengenal (tahu) buku kita.
2. Membangkitkan kebutuhan konsumen untuk membeli buku kita. Bagaimana caranya yang tadinya mereka tidak butuh, tetapi setelah kita promosikan menjadi butuh.
3. Meyakinkan konsumen untuk membeli buku.
4. Mengharapkan konsumen agar mau merekomendasikan buku kita kepada orang lain.
Selanjutnya tentang program promosi. Berikut beberapa program promosi yang bisa dilakukan :
PERTAMA, LAUNCHING BUKU.
Launching buku adalah program untuk meluncurkan buku baru. Yang mengadakan bisa penerbit maupun penulis. Yang membiayai launching buku siapa? Bisa penerbit, bisa penulis. Kita perlu meyakinkan penerbit kalau buku kita akan laku, karena itulah mereka perlu menyelenggarakan program launching buku. Sekarang ini program launching buku semakin mudah. Dengan adanya Media Sosial, kita bisa melakukan program launching buku ini bahkan dari rumah.
KEDUA, BEDAH BUKU.
Bedah buku adalah acara diskusi untuk membedah isi buku kita. Bedah buku ini bisa secara online maupun offline.
KETIGA, SEMINAR ATAU PELATIHAN
Lakukan seminar ataupun workshop sesuai dengan tema buku kita. Triknya seminar atau workshop ini, pertama-tama bolehlah dilakukan gratis. Karena target kita adalah mengenalkan buku kepada para peserta. Lakukan secara kontinyu, misalnya sebulan sekali. Kalau misalnya bisa offline, laksanakan di sekolah misalnya. Kalau tidak bisa offline, lakukan secara online. Bisa via WA, Zoom, FB, IG, dan sebagainya.
KELIMA, MEMBANGUN JARINGAN RESELLER
Reseller adalah orang-orang yang mau menjualkan buku kita dan mendapatkan buku dari hasil yang terjual. Kita berikan 20-30 persen komisi dari harga jual. Misalnya harga jual buku kita Rp 100.000, kita kasih 20-30%, kita berikan materi-materi yang terkait buku kita, sehingga lebih mudah bagi mereka untuk menjual.
KEENAM, JUALAN DI MARKETPLACE
Buka toko di marketplace (Lazada, Shopee, Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya). Membuka toko di marketplace akan meluaskan promosi dan distribusi kita.
KETUJUH, MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL (Medsos) untuk promosi buku.
Manfaatkan sebaik-baiknya followers dan subscriber dengan memberikan informasi tentang buku. Setiap hari, kita buat status terkait tema buku yang kita tulis, sehingga orang semakin paham dengan buku yang kita tulis. Dan jangan setiap hari isinya jualan. Lebih banyak sharing-sharing, baru selling. Lebih banyak memberikan pengetahuan kepada para pembaca sehingga mereka merasa ada manfaat menjadi followers kita.
Dan kesimpulannya promosi dilakukan untuk dapat mempengaruhi para target pasar kitasehingga membangun rasa ingin mengetahui hingga tertarik untuk menjadikan buku sebagai kebutuhan utama. And at the end, alhamdulillah mereka akan membeli buku-buku kita. Poinnya adalah berusaha membangun kebutuhan akan membaca, maka akan memudahkan kita dalam proses menjual buku.
Komentar
Posting Komentar